10 JENIS BENTUK MATA ORANG INDONESIA DAN REKOMENDASI EYELASH EXTENSION

Indonesia adalah negara yang kaya akan budaya, termasuk masyarakat dengan beragam rasnya. Bentuk mata orang Indonesia pun beragam, sehingga tidak semua model eyelash extension cocok diaplikasikan.

Yuk, kenali 10 jenis bentuk mata orang Indonesia:

Monolid

Jenis Mata Monolid 

Bentuk mata ini paling umum dimiliki oleh orang Asia Timur, seperti Tiongkok, Jepang, dan Korea. Ciri khas mata monolid adalah tidak memiliki lipatan di kelopak mata dan bagian atas mata terlihat datar. Bentuk mata monolid disebut juga sebagai mata dangkal atau shallow eyes.

Double Lids

Bentuk mata ini juga termasuk yang paling umum sebagai bentuk mata orang Indonesia. Di Korea Selatan, bentuk mata ini dianggap ideal dan cocok untuk riasan apapun, sehingga kerap jadi favorit bagi beberapa orang untuk melakuka operasi demi tampilan mata ini. Nah, sesuai namanya, bentuk mata ini memiliki lipatan yang jelas di kelopak mata sehingga seakan-akan memiliki dua kelopak mata.

Round

Bentuk ini memiliki jarak antara mata dan lipatan kelopak mata yang cukup lebar dan bola mata yang bulat. Jika menatap lurus ke depan, maka bagian warna putih di bagian atas dan bawah iris mata akan terlihat. Ciri khas lainnya adalah lipatan kelopak mata terlihat dengan jelas saat mata terbuka.

Hooded

Sekilas, hooded eyes mirip dengan mata monolid. Namun, hooded eyes sedikit berbeda, jika dilihat memiliki tulang alis yang tebal dengan lipatan dalam. Inilah yang kemudian membuat area kelopak mata menjadi sempit. Bentuk mata ini juga bisa terjadi akibat pertambahan usia karena kulit kelopak mata kendur sehingga kelopak mata semakin sempit.

Upturned

Jenis Mata Upturned 

Bentuk mata yang sering disebut juga dengan mata kucing, karena terlihat seperti itu. Jenis mata ini memiliki sudut luar yang mengarah ke atas lebih tinggi dari sudut dalamnya.

Downturned

Seperti namanya, bentuk downturned eyes adalah kebalikan dari upturned eyes. Jenis mata ini memiliki sudut luar yang mengarah ke bawah sehingga mata terlihat sayu.

Almond

Menyerupai bentuk kacang almond, bentuk mata ini memiliki iris mata yang menyentuh garis bingkai mata, baik di bagian atas maupun bawah. Bentuk mata cenderung lancip baik di sudut dalam maupun luar mata, sehingga mata terlihat seakan memanjang. Lipatan kelopak mata terlihat jelas. Bentuk mata ini juga terlihat simetris sempurna dengan sudut luar yang sedikit terangkat.

Wide-set

Karakteristik mata wide-set adalah jarak antara sudut dalam kedua mata yang cenderung lebar. Jenis mata ini cukup banyak ditemui pada bentuk mata orang Indonesia.

Close-set

Kebalikan dari bentuk wide-set, bentuk close-set memilki jarak antara kedua bola mata yang sempit. Baik mata wide-set dan close-set membuat wajah terlihat tidak proporsional.

Protruding

Jenis Mata Protruding

Bentuk mata ini memiliki ciri-ciri berupa mata yang menonjol keluar dari rongga mata, sehingga terlihat besar dan bulat. Lipatan di kelopak mata juga sangat terlihat.

Semua bentuk mata memiliki keunikannya masing-masing. Kebutuhan dan tampilan yang ingin dicapai pun berbeda-beda. Everlash menyadari hal itu, dan percaya kalau setiap eyelash extension adalah bentuk karya seni yang dapat meningkatkan kecantikan alami dari masing-masing bentuk mata orang Indonesia.

Scroll to Top