PANDANGAN DOKTER SOAL SULAM ALIS UNTUK KESEHATAN KULIT WAJAH

Siapa disini yang lahir dengan alis tipis bahkan hampir tidak ada? Namun tenang saja karena sekarang sudah ada cara agar kamu bisa mendapatkan alis, yaitu dengan sulam alis.
Perawatan ini bisa trendi karena ada kelebihan yang menjadi daya tarik tersendiri, sehingga banyak perempuan diluar sana yang ingin melakukan sulam alis.
Kelebihannya adalah dengan melakukan sulam alis, kamu tidak perlu lagi memakan waktu lama untuk menggambar alis, belum lagi jika alis yang digambar salah yang mengakibatkan waktu kamu untuk make up lama.

Mengenal Apa itu Sulam Alis

Apa itu sulam alis? Sulam alis juga sering dikenal dengan nama gambar sulam alis, tato kosmetik dan sulam alis microblading. Jika dilihat hasil dari sulam alis ini memang terlihat seperti bentuk tato.
Namun, dalam prosesnya sulam alis mengikutsertakan penanaman pigmen pada bawah permukaan kulit dengan jarum kecil. Tentunya jarum yang digunakan adalah jarum sekali pakai sehingga dapat menjaga kesterilan wajah.
Jarum kecil ini sendiri digunakan agar dapat memberikan hasil yang sempurna seperti hasil alis yang tipis sehingga dapat terlihat menjadi sulam alis natural.
Tetapi apakah kamu tahu pandangan dokter mengenai prosedur sulam alis ini? Apakah baik untuk kesehatan kulit atau tidak? Berikut penjelasannya.

Pendapat Dr. Jonathan R. Supedi, SpKK

Menurut Dr. Jonathan R. Supedi, SpKK dari Tribun Lifestyle, sulam alis tidak direkomendasikan.
Dokter spesialis kulit dan kelamin dari Bamed Skincare tersebut menyampaikan pendapatnya mengenai sulam alis terhadap kesehatan kulit wajah. Berikut poin yang disampaikan Dr. Jonathan R. Supedi, SpKK dalam seminarnya:

  • Keamanan Regulasi
    Keamanan regulasi sendiri merupakan keamanan mengenai aturan dalam membantu pengendalian kelompok demi tujuan tertentu dalam masyarakat. Disini konteks kelompoknya adalah klinik non medis.
    Disini keamanan regulasi sangat penting karena di Indonesia banyak klinik non medis yang melakukan sulam alis ini, sehingga keamanan regulasinya masih dipertanyakan pada klinik non medis tersebut.
Pandangan Dokter Soal Sulam Alis Untuk Kesehatan Kulit Wajah
  • Bahan serta Proses Penyulaman
    Jika kamu ingin melakukan sulam alis, lebih baik di klinik yang terpercaya, karena proses saat sulam alis ini sangat berpengaruh pada kesehatan kulit kamu.
    Dalam proses sulam alis akan memberikan perlukaan lalu dimasukkan lah tinta tersebut. Nah dalam proses tersebut perlu adanya alat yang steril dan dilakukan dengan profesional agar tidak ada kejadian yang tidak diinginkan seperti terkena pada saraf atau pembuluh darah.
  • *Memperhatikan Beberapa Hal Penting Seperti Alergi *
    Ada hal yang perlu kamu perhatikan sebelum kamu melakukan sulam alis, contohnya alergi. Menurut Dr. Jonathan jika kamu memiliki alergi terhadap tinta PPD, maka kamu perlu konsultasi terlebih dahulu kepada dokter.
    Karena tinta yang digunakan saat sulam alis sama seperti tinta pada tato yakni PPD. Jika kamu memiliki alergi tetapi tidak melakukan konsultasi maka kemungkinan yang muncul seperti alergi pada kulit, mata serta saluran pernafasan.
    Dr. Jonathan juga mengatakan dalam seminar tersebut bahwa sebenarnya sulam alis sangat wajar. Dengan catatan, sulam alis dilakukan oleh ahli yang bersangkutan.
    Jadi, jika kamu ingin melakukan sulam alis lebih baik pilih lah klinik kecantikan yang terpercaya untuk meminimalisir resiko seperti alergi.PenutupJadi, apakah masih ragu untuk sulam alis? Melihat pendapat dari Dr Jonathan bahwa sulam alis tidak memiliki dampak negatif pada kulit wajah, kamu dapat memikirkan itu lagi ya. Kalau kamu tertarik, Kamu dapat memilih klinik kecantikan yang profesional seperti Everlash untuk mendapatkan hasil yang memuaskan
Scroll to Top