Fakta Tentang Eyelash Extension Yang Kamu Wajib Tahu

Dewasa ini, eyelash extension seolah menjadi sebuah tren kecantikan yang digandrungi para wanita. Pertumbuhannya pun sangat cepat, sehingga salon-salon dengan teknologi canggih ini dapat kamu temui di mana-mana. Namun, sebelum mencoba untuk melakukan eyelash extension, sebaiknya kamu ketahui dulu beberapa fakta tentang eyelash extension.

Sebenarnya, apa sih eyelash extension itu? Eyelash extension adalah sebuah cara menumbuhkan bulu mata dalam hitungan 1-2 jam saja. Teknologi canggih ini dibandrol dengan harga yang bervariasi. Ada yang mematok dengan harga ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Adapun fakta-fakta menarik dari eyelash extension adalah sebagai berikut.

Proses Eyelash Extension Sangat Nyaman

Sebelum kamu melakukan eyelash extension, kamu akan diminta untuk memilih model eyelash extension yang kamu inginkan. Setelah itu, bulu mata ekstensi akan dieratkan helai demi helai pada bulu mata asli. Proses ini umumnya akan berlangsung dalam jangka waktu 1-2 jam. Namun, kamu tidak perlu khawatir akan merasa capek dan bosan.

Pasalnya,  semua proses eyelash extension ini dilakukan sambil berbaring dan memejamkan mata. Bahkan, ada juga salon yang dilengkapi dengan alunan musik yang menenangkan. Kamu pun dapat tertidur selama proses ekstensi ini. Apakah proses ini akan terasa sakit? Eyelash extension yang dilakukan oleh tenaga yang handal tidak akan terasa perih dan sakit sedikit pun.

Eyelash Extension Dapat Bertahan 1-2 Bulan

Sejatinya, penggunaan eyelash extension ini dapat bertahan hingga 1-2 bulan, tergantung bagaimana kamu merawatnya. Namun, pihak salon biasanya akan menyarankan untuk melakukan retouch setelah sudah memasuki minggu kedua atau ketiga. Kamu juga tidak diperbolehkan membasuh bagian bulu mata dengan air selama 24 jam.

Cara merawat eyelash extension ini sejatinya tidaklah serumit yang dibayangkan. Kamu hanya perlu hati-hati pada saat merias area mata. Kamu juga tetap dapat menggunakan eyeliner dan eyeshadow yang tidak memiliki kandungan minyak. Namun, usahakan untuk selalu bersihkan area bulu mata dengan pembersih yang mengandung air dan hindari penggunaan maskara .

Bulu Mata Asli Akan Rontok Jika Menggunakan Aturan Yang Salah

Kemungkinan bulu mata rontok akibat extension tentu saja ada. Kejadian ini akan terjadi jika kamu menggunakan aturan yang salah. Umumnya, bulu mata ekstensi yang dipasang pada bulu mata akan disesuaikan dengan jumlah bulu mata asli. Jika bulu mata asli kamu sedikit, kamu tidak dapat memaksanya untuk memasang bulu mata ekstensi yang lebat.

Jika hal itu tetap dilakukan, bulu mata asli lama kelamaan akan menipis dan rontok. Terkadang, kerontokan bulu mata asli juga dapat terjadi pada saat penarikan bulu mata ekstensi. Maka dari itu, hilangkan bulu mata ekstensi secara profesional dengan mengunjungi salon kecantikan yang menyediakan teknologi ini.

Bisa Saja Mengakibatkan Iritasi Dan Infeksi

Infeksi dan iritasi juga bisa saja terjadi saat kamu melakukan eyelash extension. Umumnya, infeksi ini disebabkan oleh virus atau jamur yang melekat pada bulu mata ekstensi. Ada juga yang mengalami iritasi pada bagian kornea atau konjungtivitis. Iritasi ini biasanya akan menyerang mereka yang alergi terhadap lem bulu mata.

Lalu, bagaimana solusinya? Kamu dapat memilih salon yang menawarkan lem bulu mata khusus untuk mata sensitif. Salon-salon seperti itu umumnya sudah dilengkapi dengan produk-produk yang terpercaya dan mempunya sertifikat profesional.

Eyelash extension memang sedang trend akhir-akhir ini. Berbagai salon kecantikan yang menyediakan teknologi ini juga dapat kamu temui dimana-mana. Namun, sebelum kamu mencoba teknologi canggih ini, ada baiknya ketahui dulu beberapa fakta tentang eyelash extension di atas.

Scroll to Top